sesuatu..sesuatu gitu..sesuatu ada deh...

Search This Blog

Senin, 20 Juni 2016

Mengarahkan cita-cita Anak sesuai harapan


Ketika anak-anak masih kecil., kita mengajarkan mereka untuk meraih cita-cita setinggi langit. Sangat lucu ketika mendengar cita-cita mereka yang masih dalam masa imajinasi anak-anak dengan ingin menjadi Astronot, Superman, pilot pesawat tempur dll. Kita sering membangkitkan kepercayaan diri mereka dengan mengatakan, mereka pasti bisa jika mau belajar yang rajin dan menjadi anak yang pintar.

Kemudian setelah remaja, mereka berubah pikiran tiba tiba ingin jadi pemain sepak bola, penyanyi, pemain skateboard dll sesuai dengan hobby mereka. Tanggapan kita sebagai orang tua terkadang sangat bertentangan dengan mengatakan kepada mereka, bahwa mereka tidak bisa hidup dengan mengandalkan pekerjaan seperti itu. Lalu kita mulai mengarahkan kepada mereka untuk menjadi dokter, polisi, guru dan sejenisnya yang lebih jelas pekerjaannya.
Ada 6 langkah yang harus kita lakukan untuk membantu anak-anak menemukan tujuan hidupnya, membangun impiannya dan mengarahkan cita-citanya :


  • Bantu anak anda berpikir ketika menentukan cita-citanya.

Anjurkan mereka bertanya kepada diri sendiri, Apa yang mereka inginkan ketika sudah besar? Apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan keinginan mereka? Apa yang paling penting dalam hidup mereka? Apakah cita-cita mereka sudah sesuai dengan hati mereka?


  • Dengarkan sungguh-sungguh ketika anak anda menceritakan cita-citanya.

Dengarkan saja meskipun kadang terdengar tidak masuk akal, jangan di cegah atau dilarang.


  • Dorong anak anda untuk mengelola uang dengan baik.

Ajari mereka untuk menabung, mengatur keuangan mereka. Dan ajari mereka melakukan bisnis kecil-kecilan, supaya mereka bisa mengerti bagaimana rasanya mencari uang.


  • Pelajari bakat, kemampuan dan hobby anak anda.

Agar kita bisa mendapat gambaran tentang kelebihan yang mereka miliki, dan membantu mereka untuk memilih profesi sesuai kemampuannya.


  • Perdalam impian mereka.

Suruhlah mereka menulis di Agenda, 3 cita-cita yang mereka inginkan? Beserta alasannya. Lalu apa saja target yang harus mereka capai.


  • DOA

Doakan anak anda agar masa depannya baik. Minta petunjuk dari Tuhan apa yang terbaik untuk anak anda. Pengaruh orang tua sangat penting untuk anak-anaknya dalam menemukan tujuan hidupnya.

Kepolisian Nasional di Indonesia bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mengemban tugas-tugas kepolisian di seluruh wilayah Indonesia yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.. Polri dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengarahkan cita-cita Anak sesuai harapan

0 komentar:

Posting Komentar